Sabtu, 24 November 2012

Tugas 6

Definisi Franchise 
  • Apa sebenarnya bisnis franchise ini? Franchising pada prinsipnya merupakan pembelian hak lisensi. Keuntungan bisnis ini karena adanya kerjasama atau hubungan bisnis yang berkesinambungan antara si pembeli hak lisensi (franchisee) dengan pihak yang lisensinya dibeli (franchisor). Franchising merupakan suatu persatuan lisensi menurut hukum antara suatu (manufaktur) atau perusahaan yang menyelenggarakan, dengan penyalur (dealer) untuk melaksanakan kegiatan. Dengan franchising perusahaan diselenggarakan seolah – olah menjadi bagian dari suatu rangkaian yang besar, lengkap dengan nama, produk merek dagang, dan prosedur penyelenggaraan standar. 
  • Waralaba dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.  
Contoh Franchising Lokal  
  • Kebab Turki Babab Rafi
  •  Papa Ron's Pizza
  • D-Pizza
  • Pizza Rakyat
  • Ayam goreng Fatmawati 
  • Bebek Kaleyo
  • Krenzy Chicken
  • B'crepes
  • Tahu Kreess
  • Es Teler 77
  • Beef Bowl
  • Rumah Makan Wong Solo 
  • Pecel Lele Lela
Keuntungan & Kelemahan Franchising

1. Keuntungan
  • Pengalaman dan faktor sukses (pengalaman bisnis dengan franchising di Amerika dapat memberikan tingkat keberhasilan 93%, sedangkan bisnis biasa hanya memberikan tingkat keberhasilan sekitar 35%).
  • Bantuan keuangan dari franchisor.
  • Brand name dan reputasi.
  •  Bisnis sudah terbangun
  • Standarisasi mutu.
  •  Biaya produksi rendah.
  •  Kesiapan menajemen.
  • Bantuan manajemen dan teknik.
  • Profit lebih tinggi.
  • Perlindungan wilayah.
  • Memperoleh manfaat market research dan product development.
  • Risiko gagal kecil.    
2.  Kerugian
  • Program latihan franchisor terkadang jauh dari harapan.
  • Franchisor hanya sedikit memberikan kebebasan.
Manfaat
  • Memperkecil resiko kegagalan usaha
  • Menghemat waktu, tenaga, dan dana untuk proses trial dan error
  • Memberi kemudahan dalam operasional usaha
  • Pengunaan nama merek sudah lebih dikenal masyarakat
Kiat-Kiat untuk Mempertahankan Franchising Lokal
  • Berbicara pada konsumen
  • Pemilihan lokasi yang tepat
  • Menjaga pengeluaran
  • Perencanaan masalah
  • Analisa bisnis yang dijalankan


Sumber:
http://ibnudblog.blogspot.com/2008/11/bisnis-franchise-waralaba.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba
http://apriyanis.blogspot.com/2012/11/tugas-6-franchising-waralaba.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar